Kit Kittredge The Reporter
Sabtu, Desember 13, 2008 | Author: Natalia Puri Handayani

Film ini mengisahkan tentang Margaret Mildred “Kit” Kittredge (Abigail Breslin), gadis kecil berusia 10 tahun yang hidup di era Great Depression Amerika Serikat pada tahun 1934. Kit ingin menjadi seorang wartawan. Impian Kit adalah artikelnya diterbitkan di koran lokal Cincinnati Register. Namun, ternyata supaya artikelnya dapat dipublikasikan tidaklah mudah, ia harus menaklukkan editor moody Mr. Gibson (Wallace Shawn), yang memandang Kit sebelah mata karena Kit hanyalah seorang anak kecil.

Kehidupan Kit mulai terkena dampak krisis ekonomi ketika usaha otomotif ayahnya bangkrut dan mendadak kehilangan pekerjaan. Kakak Kit, Charlie, harus cuti dari kuliahnya untuk bekerja di daerah lain demi menambah penghasilan keluarga. Supaya rumah mereka tidak disita oleh Bank, maka ayah Kit (Chris O’Donnell) terpaksa harus merantau ke Chicago untuk mencari pekerjaan. Kit dan ibunya (Julia Ormond) pun harus berbagi ruangan dengan orang-orang yang indekos di rumah mereka.

Kehidupan Kit semakin berwarna dengan kehadiran orang-orang yang kos di rumahnya: Mr. Berk (pesulap), Ms. Dooley (instuktur dansa), Mrs. Howard dan Sterling anaknya, teman sekolah Kit, dan Ms. Bond (wanita pemilik perpustakaan keliling). Konflik dimulai ketika lingkungan mereka diresahkan oleh tindakan kejahatan yang dilakukan oleh Hobo (tunawisma) yang juga terjadi di beberapa daerah lain di Ohio. Suatu ketika simpanan uang keluarga Ruthie hilang dirampok orang saat seisi rumah sedang pergi dan kotak perhiasan milik ibu Kit juga raib entah kemana, padahal di dalam kotak itu tersimpan pula harta berharga milik orang-orang yang kos di rumah Kit. Will (Max Thieriot) seorang Hobo teman Kit menjadi tersangka utama perampokan tersebut. Bersama teman-temannya, Kit mulai mencari tahu siapa sebenarnya si pencuri itu. Dalam film ini, terdapat sentuhan Nancy Drew dalam menguak misteri pencuri yang sebenarnya. Ternyata pelakunya adalah komplotan Mr. Berk dan Ms. Bond!

Tindakan superhero Kit masuk Koran lokal dan dianugrahi penghargaan serta imbalan. Di hari Thanksgiving Kit mendapatkan 2 hal terpenting ia inginkan dalam hidupnya, artikelnya tentang Good Hobo masuk koran dan ayahnya pulang ke rumah. Adegan yang mengharukan…
Film ini termasuk film keluarga, namun butuh dampingan orangtua bagi anak-anak yang menontonnya. Karena orangtua perlu menjelaskan mengenai situasi ekonomi yang dialami keluarga Kit (resesi, sita rumah, dll). Film ini mengajarkan tentang keberanian, ketabahan menghadapi kerasnya hidup, dan ketekunan dalam mengejar impian. Buat saya pribadi, memotivasi diri untuk mulai menulis di blog.

Puri’s rating :

****

Nice movie for everyone..



This entry was posted on Sabtu, Desember 13, 2008 and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: